Apa Penyebab Tegangan Mesin Genset Naik Turun?

Apa Penyebab Tegangan Mesin Genset Naik Turun?

Eragenset – Genset merupakan suatu mesin yang bisa menghasilkan tegangan maupun voltase, dengan besarnya tegangan yang menetap atau konstan. Tegangan maupun voltase yang diperoleh oleh genset biasanya sekitar 220 volt dan 380 volt untuk tipe genset AC 3 fase. Tanda kita sadari ada berbagai masalah maupun kerusakan yang memungkinkan terjadi pada genset kita, seperti tegangan genset yang mendadak tidak kunjung keluar dan tegangan maupun voltase yang diperoleh oleh genset tidak kunjung stabil.

Lama kelamaan tegangan tidak stabil yang dikeluarkan oleh genset bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada berbagai peralatan listrik Anda. Maka dari itu perlu tindakan perbaikan apabila tegangan genset tidak juga stabil atau sering mengalami naik turun. Supaya bisa mengambil tindakan perbaikan yang sesuai, pertama-tama kita harus tahu apa penyebab tegangan genset naik turun.

Putaran Pada Mesin Genset yang Tidak Stabil

Salah satu masalah yang menjadi penyebab utama mengapa mesin genset tidak berjalan dengan stabil adalah karena putaran di mesin gensetnya tidak tersetel dengan stabil. Anda bisa memerhatikan suara mesin ketika dioperasikan, normal atau tidak suara mesinnya. Bila suara mesin terdengar tidak normal tandanya kecepatan putaran pada mesin genset tersebut ikut tidak normal. Cobalah untuk selalu memastikan bila putaran mesin berada dalam kondisi yang normal dengan putaran mencapai 1500 rpm.

Bila kecepatan putaran dari mesin genset tidak stabil tandanya putarannya bisa kurang atau justru melebihi 1500 rpm. Inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab tegangan genset jadi tidak stabil atau sering naik turun.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa mencoba untuk memastikan jika bahan bakar mesin tersebut berada dalam kondisi yang selalu bersih tidak ada sisa kotoran yang belum terbuang bahkan kotoran yang menyumbat sirkulasi udara. Pastikan pula jika volume dari bahan bakarnya normal.

Bila bahan bakar mesinnya sidah berada dalam kondisi bagus namun tetap saja putaran dari mesin genset tidak bagus maka Anda perlu memastikan lagi jika pengaturan bahan bakar telah berfungsi dengan otomatis. Bahan bakar yang masuk ke dalam mesin genset biasanya diatur otomatis menggunakan alat yang disebut sebagai governor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *