Kemoterapi meningkatkan Resiko Gagal Jantung

AHA atau yang disebut juga American Heart Association mengeluarkan peringatan, bahwa wanita dengan kanker payudara memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit jantung, termasuk di dalamnya adalah gagal jantung.

KEMOTERAPI – Para media harus mempertimbangkan dan meningatkan pasien dalam proses penyembuhan kanker yang dapat dilakukan dengan kemoterapi memiliki resiko yang besar. Terutama pada wanita. Wanita memiliki potensi sangat besar untuk terkena kanker payudara. Berhubung lokasi payudara berdekatan dengan jantung, maka dalam melakukan kemoterapi, jantung akan terkena imbasnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang alasan bertambahnya resiko penyakit jantung bagi tiap orang yang menjalani kemoterapi.

 

Berikut merupakan alasan utama meningkatnya resiko penyakit jantung bagi penderita kanker payudara;

  1. Radiasi dan kemoterapi yang dapat merusak jantung
  2. Gaya hidup yang menyebabkan kenaikan berat badan selama proses pengobatan.
  3. Hipertensi tidak terkontrol atau kolestrol yang tinggi dalam proses pengobatan kanker payudara penderita.

Penambahan berat badan namun tidak berolahrga, juga kebiasaan terbaring dan tidak bergerak merupakan resiko penyakit jantung. Resiko terbesar dari obat kemotrerapi memiliki reiko 48% gagal jantung.

Setiap kanker payudara tidak disarankan menghindari pengobatan, namun berkonsultasilah sekali lagi kepada dokter, jika pengobatan bisa dilakukan dengan tidak melakukan kemoterapi maka resiko itu akan lebih menurun.

Perlu diketahui oleh dokter dan para medis lainnya, lakukan pemeriksaan pada pasien anda yang menderita kanker payudara. Tidak hanya memeriksa bagian sumber kanker tumbuh, namun periksa bagian organ vital lainnya, seperti ginjal, paru-paru, hati/ liver, empedu, terutama jantung pasien. Periksalah, apakah mereka menderita penyakit jantung sejak awal atau tidak? Penderita jugaharus mengetahui potensi dampak dari perawatan kemoterapi pada pasien.

Hal ini tidak menghalangi dan menakut-nakuti penderita kanker payudara, melainkan dapat penjadi salah satu bahan pertimbangan pengobatan kanker payudara terbaik untuk penderita. Hal ini diharapkan dapat mengubah pemikiran ancaman terbesar wanita setelah mengalahkan dan terlepas dari kanker payudara.

Demikian merupakan informasi tentang bertambahnya resiko gagal jantung dalam proses kemoterapi. Jangan lupa berkonsultasilah dengan dokter anda tentangpengobatan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *