Mengenal Macam Macam Autis dan Cara Pengobatannya

Autism Spectrum Disorer ialah gangguan yang terjadi pada perkembangan saraf otak. Dampak gangguan terlihat pada ana ketika berperilaku dan berinteraksi. Makanya, anak dengan autisme membutuhkan perawatan dan perhatian khusus.

Namun, perawatan tersebut bisa bermacam-macam, tergantung jenis autisme yang diderita. Berikut terdapat macam-macam autis dan cara pengobatannya.

1. Childhood Disintegratiive Disorder.

 

Childhood Disintegratiive Disorder, merupakan sebuah gangguan yang muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Gangguan ini menyebabkan berkurangnya kemampuan komunikasi dan interaksi sosial pada anak.

2. PDD-NOS Pervasive Developmental Disorder, Not Otherwise Specified.

 

Anak yang didiagnoasa PDD-NOS tidaklah menunjukkan seluruh gelaja autisme. Namun, hambatan yang mereka alami terlihat jelas pada kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, serta mengembangkan minatnya.

3. Rett’s Syndrome (Sindroma Rett).

 

Rett’s Syndrome atau Sindrom Rett ialah gangguan yang terjadi karena kelainan genetik. Kelainan ini berdampak pada perkembangan otak. Biasanya, penderita sindrom ini ialah anak perempuan.

4. Sindrom Asperger.

 

Jenis autis ini dianggap sebagai autisme “high functioning.” Jadi, mereka dinilai memiliki kemampuan yang multifungsi. Anak dengan sindrom asperger memiliki kesulitan saat berada di sekolah maupun lingkungan kerja.

 

Cara Mengatasi Anak Autis

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala autisme yang muncul, yakni:

  1. Pemberian obat

Dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengurasi gejala autisme. Selain itu, obat-obatan juga mencegah terjadinya otot kaku pada anak autis.

  1. Terapi fisik dan wicara

Terapi ini membantuk agar anak bisa mengatasi kekurangannya. Anak diajari berjalan dan menjaga keseimbangannya. Sementara itu, anak juga akan dilatih untuk berkomunikasi secara verbal maupun isyarat.

  1. Pengaturan pola makan

Terdapat makanan-makanan yang bisa meningkatkan gejala autisme seperti gluten. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan pola makanan. Pengaturan ini akan disesuaikan juga dengan kondisi anak.

–          Probiotik Untuk Anak Autis

Selain terapi dan pemberian obat, anak autis juga bisa diberikan probiotik. Produk ini mengandung mikroba asam laktat yang aman dikonsumsi siapa saja. Konsumsi probiotik secara teratur akan memperbaiki antibodi anak.

Selain itu, probiotik bisa menyembuhkan dan mencegah infeksi. Tidak hanya itu, probiotik juga bermanfaat untuk suplemen otak sehingga gejala autisme bisa berkurang. Anak akan merasa lebih nyaman dan stabil.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *