Tren Terkini – Koneksi Protokol Yang Stabil

Tren Terkini – Koneksi Protokol Yang Stabil

Game Ppsspp – Tanpa HTTP, tidak ada website yang ditampilkan browser. Namun protokol ini tidak efisien. Penerusnya 50% lebih cepat. Hypertext Transfer Protocol (HTTP), pilar utama komunikasi Internet, dinilai sudah kuno. Versi terakhir 1.1 dibuat 13 tahun lalu. Untuk melengkapi protokol transportasi TCP yang mengemas data dalam paket-paket, HTTP meminta elemen website ke server dan menentukan bagaimana cara mengirimnya.

HTTP 1.1 hanya memungkinkan satu permintaan per koneksi TCP, sehingga elemen-elemen website harus dikirim satu per satu secara bergiliran. Browser saat ini mengatasi keterbatasan tersebut dengan membangun hingga 6 koneksi TCP. Namun hal itu masih tidak efisien karena sebuah server hanya dapat menampung setiap koneksi tambahan dengan delay 500 milidetik. Untuk setiap koneksi, server mengirim sebuah HTTP header baru yang tidak perlu. Akibatnya, pengiriman data lebih banyak dari yang diperlukan, terlebih HTTP header juga tidak dikompresi. HTTP juga tidak menyediakan enkripsi, karena itulah digunakan protokol tambahan seperti SSL.

HTTP 2.0 ala Google dan Microsoft

IETF (Internet Engineering Task Force) ingin menambal kelemahan HTTP 1.1 dan menggantinya dengan HTTP 2.0 tahun depan. Teknologi yang akan digunakan ditetapkan tahun ini. Google dan Microsoft mengajukan konsep mereka masing-masing. Sejak 2 tahun teakhir, Google menggunakan SPDY, HTTP 1.1 yang dimodifikasi. Firefox, Chrome, dan Silk-browser milik Kindle Fire juga telah mengintegrasikan SPDY. Layanan Google, Amazon, Twitter, dan server web Apache juga mendukungnya. SPDY memungkinkan pengiriman paket HTTP secara paralel, mengompresi data dan enkripsi SSL.

Dengan SPDY, kecepatan transfer data meningkat hingga 50%. Microsoft memandang konsep Google tidak memperhatikan kebutuhan apps pada perangkat bergerak. Oleh karena itu Microsoft menawarkan solusi HTTP Speed + Mobility dengan teknik SPDY untuk paralelisasi, namun tetap memungkinkan fleksibilitas pada enkripsi dan kompresi karena keduanya membutuhkan daya CPU dan mengurangi daya baterai. Microsoft ingin mengatur penggunaan soket web yang membangun koneksi permanen dua arah antara client dan server. Sebuah konsep yang sangat tepat untuk apps yang terus menerus mengirim data ke web atau menerima data untuk diproses lanjut. Teknologi mana yang akan dipilih, yang jelas tahun depan browsing web akan menjadi lebih cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *