Web Khusus Dengan Berbagai Macam Features Yang Berguna

Web Khusus Dengan Berbagai Macam Features Yang Berguna


Teknorus – Nantinya, akan ada lebih banyak mesin dalam web dibanding manusia. Aturan fungsi lalu lintas datanya pun berbeda. Semakin banyak perangkat yang terhubung dengan web. Menurut studi E-Plus di Jerman, di tahun 2010 saja terdapat 2,3 juta kartu SIM yang digunakan untuk komunikasi M2M (Machine to Machine), contoh sederhananya adalah pengiriman SMS.

Industri dan lembaga pemerintah seperti ETSI (European Institute for Telecommunication Norms) juga mengembangkan proyek untuk menentukan protokol apa yang optimal untuk perangkat. Menurut Mike Muller, Chief Technology Officer pengembang chip ARM, diperkirakan hingga tahun 2020, sekitar 100 milyar perangkat akan online. Analis di Gartner sendiri memperkirakan sekitar 60 milyar. Hal tersebut dikarenakan setiap kendaraan dan perangkat rumah tangga akan terhubung dengan Internet.

Saat ini sudah ada kota yang sistem penerangannya dikendalikan melalui Internet. Di dalam perangkat M2M terdapat sebuah micro-controller yang bertanggung jawab atas kendali dan komunikasi. Misalnya bola lampu pijar atau alat pacu jantung dengan alamat IPv6. Ini dimungkinkan karena ukuran chip kendali yang semakin kecil. Belum lama ini ARM memperkenalkan desain CPU 32 Bit terkecil 1 mm, Cortex-MO+.

Saluran berita khusus untuk perangkat

Hardware dalam jaringan menggunakan daya rendah. Microcontroller yang terintegrasi masih menggunakan perintah 8 atau 16 Bit yang tidak lagi digunakan program PC sejak Windows 95. Oleh karena itu dibutuhkan protokol komunikasi terbatas yang memadai bagi tuntutan. Seperti sensor cahaya yang terintegrasi dalam jaringan penerangan kota yang hanya mengirimkan data pengukuran beberapa kali sehari dalam waktu yang singkat. IBM telah memublikasikan Message Queuing Telemetry Transport (MQTT) – sebuah protokol berita khusus untuk perangkat – yang serupa HTTP, tetapi dengan header yang lebih kecil, didesain untuk overhead yang lebih sedikit, misalnya untuk transfer data dari chip RFID. Pita frekuensi mana yang akan digunakan untuk transfer nirkabel masih diperdebatkan.

Isu penting saat ini adalah, apakah komunikasi M2M perlu dibuka untuk jaringan 3G (UMTS). Untuk jangka panjang 3G dan 4G (LTE) akan disediakan khusus bagi manusia, sementara sebagian besar perangkat hanya berkomunikasi melalui jaringan 2G (GSM).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *