Kepribadian

Apakah Tes MBTI Dapat Dipercaya, Ini Dia Faktanya

Tes MBTI

Belakangan ini sedang banyak diperbincangkan mengenai MBTI. Akurat atau tidak apakah tes MBTI dapat dipercaya? Mari kita periksa secara lebih terperinci melalui artikel ini.

4 Acuan Skala MBTI

Berikut ini merupakan acuan dari skala MBTI yang digunakan :

  1. Extraversion dan introversion tes

Kepribadian manusia ada 2 yang diyakini yaitu introvert dan ekstrovert. Hal ini merupakan penentu bagaimana seseorang tersebut bereaksi terhadap lingkungan sekitar. Jika kita merupakan pribadi yang ekstrovert maka kita akan sangat senang berinteraksi di dunia luar dan cenderung senang bergaul.

Biasanya orang ekstrovert bersemangat untuk berorganisasi dan menghabiskan waktu bersama rekan-rekan. Sedangkan introvert, cenderung lebih senang melakukan aktifitas sendiri dan berselancar di dunia maya. Mereka akan merasa aman dan nyaman saat tidak bertemu dengan orang lain.

  1. Sensasi dan intuisi tes

Orang yang memiliki sensasi tinggi cenderung lebih memperhatikan hal di sekitarnya. Orang tersebut akan menggali banyak informasi dari lingkungan sekitarnya.

Sedangkan intuisi merupakan kepribadian yang lebih berfikir abstrak dan merencanakan hal-hal yang banyak di pikirannya. Orang ini memikirkan segala kemungkinan yang dia bayangkan yang akan terjadi atau yang mungkin terjadi.

  1. Thinking dan feeling tes

Kepribadian thingking akan cenderung berfikir berdasarkan fakta dan logika. Semua penilaian yang diberikan berdasarkan hal objektif yang dikumpulkan. Sedangkan karakter feeling akan cenderung menggunakan perasaan untuk menentukan sesuatu. Orang ini akan menghadapi lawan bicara terlebih dahulu dan menggunakan emosi dan perasaan untuk mengambil keputusan.

  1. Judging dan Perceiving tes

Orang dengan karakter judging akan cenderung tegas dan terstruktur dalam setiap keputusan yang diambil. Orang dengan karakter ini cenderung agak kaku dan sulit untuk diajak kompromi.

Sedangkan orang dengan karakter perceiving merupakan orang yang lebih menerima segala masukan dan kemungkinan, fleksible serti mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

4 Cara Menentukan Keakuratan MBTI

Dari 4 tes di atas masih belum dapat dipastikan apakah tes MBTI dapat dipercaya. Namun ada cara mudah untuk menentukan apakah tes MBTI akurat atau tidak. Berikut 4 cara yang dilakukan :

  1. Introspeksi

Langkah mudah yang pertama adalah dengan introspeksi diri. Untuk menentukan kepribadian diri terkadang kita perlu introspeksi diri atau menilai diri kita sendiri.

  1. Jujur

Kejujuran sangat penting dalam tes psikologi, karena sebaik apapun materi uji yang diberikan jika kita tidak jujur maka tidak akan akurat. Memang sangat sulit untuk jujur pada diri sendiri karena itu langkah awal untuk introspeksi harus dilakukan terlebih dahulu.

  1. Klarifikasi ke orang lain

Setelah kita menilai diri kita sendiri alangkah baiknya kita klarifikasikan ke orang lain. Terkadang penilaian orang lain berbeda dengan diri kita sendiri, karena orang lain lebih dapat melihat kita daripada diri kita sendiri.

  1. Yakin

Setelah kita melakukan ketiga langkah di atas maka kini saatnya kita untuk mengambil langkah akan meyakini hal tersebut atau tidak. Jika dari segala sisi sudah diyakini maka barulah kita ikut tes MBTI guna mencocokkan data. Apabila data dari MBTI sesuai dengan yang kita kumpulkan, maka boleh dikatakan hasil MBTI akurat.

Itulah tadi informasi mengenai tes MBTI yang ramai diperbincangkan. Jawaban dari apakah tes MBTI dapat dipercaya adalah semua tergantung dari bagaimana diri kita mengenal dan meyakini diri kita sendiri. Jika kita yakin bahwa itulah gambaran diri kita, maka hasil tes MBTI akurat dan dapat dipercaya.

Related posts

Mengenal Tipe Kepribadian MBTI Paling Populer

Harimurti Wijaya

Cara Mengubah Kepribadian Menurut Psikologi

Harimurti Wijaya

Leave a Comment