Kepribadian

Cara Mengubah Kepribadian Menurut Psikologi

Banyak orang yang menyesuaikan kepribadian dengan karakter banyak yang percaya jika hal tersebut tidak bisa diubah. Benarkah demikian? Jikapun kepribadian bisa diubah lalu bagaimana cara mengubah kepribadian menurut psikologi? Bagi Anda yang tertarik untuk merubah kepribadian buruk maka begini penjelasannya.

Apa itu kepribadian?

Secara umum, kepribadian sedikit berbeda dengan karakter. Jika karakter manusia merupakan kebiasaan yang dibawa manusia sejak lahir maka kepribadian merupakan hal yang dapat dipelajari. Meski berbeda tapi sebenarnya kedua hal tersebut saling melengkapi satu sama lain sehingga tidak bisa dipisahkan.

Kepribadian seseorang sendiri dibentuk berdasarkan karakter yang dimilikinya, seperti MBTI. Oleh sebab itu, tidak heran jika Anda mengenal berbagai macam kepribadian. Berikut beberapa jenis kepribadian yang dikenal dalam dunia psikologi.

  1. Sanguinis

Orang dengan kepribadian sanguinis dinilai lebih memprioritaskan perasaan dibandingkan dengan pemikirannya. Selain itu, sanguinis juga identik dengan sifat hangat dan selalu bersemangat dan ramah kepada tiap orang. Hal ini membuat kepribadian sanguinis disukai dan dicintai oleh banyak orang.

  1. Koleris

Orang dengan kepribadian koleris biasanya sangat memprioritaskan tujuan mereka. Maka dari itu, tidak heran jika kepribadian ini identik dengan sifat cerdas, paktis, logis, tidak mudah basa-basi serta sangat cerdas.

  1. Melankolis

Orang yang memiliki kepribadian melankolis sering dianggap sebagai tipe yang memprioritaskan keluarga dan orang-orang tercinta. Selain itu, mereka juga tidak terlalu menyukai hal-hal yang baru. Namun, mereka dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi serta ingin berkontribusi kepada masyarakat.

  1. Plegmatis

Ciri orang yang memiliki kepribadian ini merupakan pencinta kedamaian serta setia dan penuh kasih sayang. Plegmatis merupakan tipe yang berusaha menghindari masalah dan berusaha untuk menjadi penengah atau juru damai. Oleh sebab itu, tidak heran jika plegmatis juga suka beramal dan membantu orang lain.

Apakah kepribadian seseorang bisa berubah?

Menurut beberapa ahli, untuk merubah karakter seseorang sangatlah sulit namun ternyata hal tersebut berbeda dengan kepribadian. Kepribadian seseorang masih bisa diubah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menambah pengalaman berharga dalam hidup. Cara ini diyakini bisa merubah pandangan serta nilai-nilai yang diyakini seseorang.

Menurut seorang ahli psikologi, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merubah kepribadian seseorang. Berikut beberapa caranya.

  1. Fokuslah merubah kebiasaan Anda

Kebiasaan seseorang terbentuk akibat faktor lingkungan. Apa yang Anda lihat dan pelajari akan sangat berpengaruh dalam pembentukan kepribadian. Termasuk juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini dimiliki oleh seseorang.

Oleh sebab itu, langkah pertama yang disarankan adalah merubah kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Meskipun hal tersebut terlihat sulit karena membutuhkan banyak waktu dan usaha serius tapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

  1. Merubah cara berpikir dan lebih percaya pada diri sendiri

Jika Anda ingin berubah maka yakinlah pada diri Anda. Anda harus yakin jika Anda bisa merubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Sebab, percaya pada diri sendiri merupakan langkah penting agar berhasil mengubah kepribadian Anda.

  1. Fokus dan menghargai proses

Dibandingkan fokus terhadap hasil akhir sebaiknya Anda lebih fokus pada proses bagaimana Anda mengubah kepribadian Anda. Hal ini disebabkan jika Anda fokus pada proses maka Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga yang sangat diperlukan dalam merubah kepribadian seseorang menjadi lebih baik.

  1. Memiliki motivasi untuk berubah

Hal ini sering sekali dilupakan oleh orang-orang. Padahal hal tersebut sangat penting. Agar bisa berhasil mengubah kepribadian diri maka Anda harus punya motivasi yang tinggi di dalam diri Anda. Motivasi bisa bersumber dari banyak hal namun terkuat adalah keluarga. Sebab tanpa itu maka keempat cara di atas sulit dilakukan.

Merubah kepribadian terutama yang buruk memang tidak mudah. Namun, setidaknya keempat cara mengubah kepribadian menurut psikologi di atas bisa mempermudah Anda untuk melakukannya. Jangan mudah putus asa karena untuk melakukan perubahan memang dibutuhkan pengorbanan yang besar.

Related posts

Apakah Tes MBTI Dapat Dipercaya, Ini Dia Faktanya

Harimurti Wijaya

Mengenal Tipe Kepribadian MBTI Paling Populer

Harimurti Wijaya

Leave a Comment