Psikologi Self Improvement

Meningkatkan Kecerdasan Menurut Ilmu Psikologi

meningkatkan kecerdasan

Secara umum, kecerdasan emosional banyak dikaitkan dengan kesuksesan seorang individu dalam menjalani kehidupannya. Namun, meskipun begitu masih banyak orang yang penasaran apakah bisa meningkatkan kecerdasan menurut ilmu psikologi. Hal ini dilakukan karena ada anggapan jika semakin tinggi kecerdasan emosional seseorang maka peluang kesuksesannya akan semakin besar.

Mengenal kecerdasan manusia

Menurut banyak ahli psikologi, kecerdasan yang dimiliki manusia terdapat bermacam-macam jenisnya alias majemuk. Selain kecerdasan intelektual yang selama ini digembar-gemborkan media sejatinya masih ada 8 kecerdasan lain yang butuh untuk diasah.

Kesembilan kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan linguistik (bahasa), musical, naturalis, visual spasial, logika matematika, intrapersonal, kinestetik, interpersonal dan yang terakhir adalah moral. Oleh sebab itu, para orang tua juga sebaiknya tidak hanya selalu fokus pada kecerdasan logika matematika saja tapi juga pada jenis yang lainnya.

Meningkatkan kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan salah satu dari kecerdasan majemuk yang dimiliki manusia berdasarkan pendapat ahli psikologi lainnya. Jika kecerdasan intelektual kerap dikaitkan dengan genetis dan sulit untuk ditingkatkan. Maka kecerdasan emosional ini cukup berbeda karena berkaitan dengan emosi manusia.

Oleh sebab itu, menurut beberapa psikolog kecerdasan emosional manusia bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Jika Anda berminat berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Mengenali emosi yang dirasakan

Mengenali emosi yang sedang dirasakan oleh diri sendiri dinilai mampu membantu memprediksi tindakan yang akan Anda lakukan dalam situasi tertentu. Caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menanyakan pada diri sendiri apa yang sedang dirasakan. Mungkin terdengar sepele tapi hal tersebut bisa membantu Anda bersikap di kemudian hari.

  1. Tanyakan pendapat orang lain

Menanyakan pendapat orang lain terkadang dibutuhkan jika Anda merasa tidak terlalu memahami diri sendiri. Agar hasilnya lebih meyakinkan sangat disarankan untuk meminta pendapat dari orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat dan kolega.

  1. Mengamati perubahan mood yang dialami

Mood swing sangat sering terjadi tanpa diketahui sebabnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mengamati perubahan mood yang memengaruhi perilaku. Jika Anda berhasil melakukannya maka bukan hanya mood swing yang mampu dikendalikan tapi juga berbagai masalah yang tidak disadari sebelumnya.

  1. Menulis catatan harian

Agar Anda lebih mudah memahami semua perubahan emosi yang dirasakan maka sebaiknya Anda membuat catatan pribadi. Dengan begitu Anda akan semakin mudah mengenali emosi apa saja yang sedang dirasakan atau orang lain rasakan. Dengan cara itu, Anda berlatih untuk mencari penyebab serta solusi menghadapi emosi tersebut.

  1. Berpikir sebelum melakukan sesuatu

Tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan merupakan cara efektif melatih kecerdasan emosional. Selain bisa meminimalisir dampak negatif yang bisa terjadi, cara ini bisa membuat Anda bisa mengontrol diri sendiri. Meskipun terdengar mudah namun banyak orang yang sangat kesulitan mempraktekan hal tersebut.

  1. Cari tahu sumber permasalahan

Hal paling sulit dalam meningkatkan kecerdasan emosional adalah bagaimana Anda memahami orang lain. Oleh sebab itu, banyak ahli menyarankan untuk mengasah empati Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami orang lain sekaligus menyelesaikan akar permasalahannya dengan lancar.

  1. Introspeksi

Saat menerima kritikan akan lebih bagus jika Anda juga mengintrospeksi diri sendiri. Hal ini akan membuat Anda terbiasa menghadapi sesuatu yang kurang mengenakan seperti kritikan. Namun, suka tidak suka, kritikan tetap diperlukan jika Anda ingin terus mengembangkan diri.

  1. Memahami kondisi tubuh

Kondisi tubuh terutama jika sedang stress sangat memengaruhi emosional seseorang. Oleh sebab itu, jika tubuh Anda mulai lelah maka tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak. Hal tersebut akan membantu memulihkan kondisi fisik dan juga mental Anda.

Tidak hanya manfaat untuk kehidupan dan karier saja namun juga dari sisi spiritual. Oleh sebab itu, meningkatkan kecerdasan menurut ilmu psikologi sangat disarankan. Meskipun prosesnya butuh waktu yang cukup lama tapi hal tersebut sepadan dengan hasilnya.

Related posts

Mengenal Lebih Dalam Psikologi Forensik

Harimurti Wijaya

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Harimurti Wijaya

Cara Fokus Belajar Menurut Psikologi

Harimurti Wijaya

Leave a Comment