Psikologi

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

prospek kerja lulusan psikologi

Jurusan psikologi bisa dikatakan tidak terlalu populer di kalangan masyarakat tanah air. Hal ini dikarenakan masih banyak yang meragukan prospek kerja lulusan psikologi. Banyak yang mengira jika lulusan tersebut nantinya harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Fakta seputar jurusan psikologi

Tidak banyak universitas negeri maupun swasta yang membuka jurusan psikologi. Jika ada maka biasanya dibuka di kampus-kampus ternama saja. Selain itu, meskipun terdengar mudah tapi sebenarnya psikologi sendiri mempelajari hal-hal yang cukup rumit seperti filsafat ,statistika, biopsikologi dan sebagainya.

Mungkin Anda sedikit terkejut jika mendengar jika psikologi juga mempelajari matematika khususnya statistika. Hal ini dikarenakan psikologi sangat berkaitan dengan observasi serta kegiatan mengumpulkan dan mengolah data. Oleh sebab itu, maka tidak heran jika matematika juga dibutuhkan disana.

Meskipun jurusan psikologi belum terlalu banyak tapi sebenarnya ada berbagai kelebihan jika Anda memilih jurusan ini. Salah satunya adalah prospek kerjanya yang cukup cerah. Saat ini, peluang bagi lulusan psikologi sudah semakin terbuka lebar dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya sehingga Anda tidak perlu khawatir akan sulit mendapat pekerjaan.

Prospek pekerjaan bagi lulusan psikologi saat ini

Perlu Anda ketahui, saat ini di dunia kerja lulusan psikologi sangat dibutuhkan untuk menempati berbagai posisi penting. Baik itu di perusahaan swasta, BUMN maupun institusi negara semua membutuhkan keahlian di bidang tersebut. Jika Anda tertarik, berikut daftar beberapa pekerjaan yang cocok bagi lulusan psikologi.

  1. Karyawan bagian HRD

Bagian HRD biasanya banyak mencari lulusan psikologi. Divisi ini sangat penting bagi tiap perusahaan karena harus memilih calon pegawai terbaik. Oleh sebab itu, maka tidak heran jika penghasilan seorang pegawai bagian HRD terutama yang sudah level menengah terbilang cukup tinggi.

  1. Konsultan karir

Pekerjaan membutuhkan lulusan psikologi karena tugasnya adalah untuk memberikan konseling tentang memilih pekerjaan yang tetap serta bagaimana rencana Anda kedepan. Seorang konsultan karir biasanya bekerja untuk perusahaan konsultan atau bisa saja menjadi bagian dari Human Resources suatu perusahaan.

  1. Dosen psikologi

Profesi ini membutuhkan lulusan psikologi minimal dari strata 2. Menjadi seorang dosen sebenarnya bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi dan juga waktu kerja yang fleksibel. Namun, untuk melakukannya Anda harus benar-benar bisa membagi waktu dengan baik karena biasanya gaji yang diperoleh sangat tergantung dari jumlah jam mengajar.

  1. Psikolog

Seorang psikolog merupakan lulusan psikologi mereka yang bertugas menangani kasus-kasus kejiwaan serta melakukan perawatan berdasarkan sisi psikologis pasien. Berbeda dengan seorang psikiater, seorang psikolog tidak bisa meresepkan obat-obatan.

  1. Psikolog klinis

Berbeda dengan psikolog biasa, psikolog klinis adalah mereka yang memiliki lisensi untuk menjadi seorang psikolog. Dibandingkan dengan psikolog biasa, psikolog klinis memiliki tugas yang lebih bervariasi. Biasanya mereka juga ditempatkan di klinik-klinik kesehatan, sekolah, perusahaan atau sebagainya.

  1. Research and development

Profesi ini biasanya ditemui di perusahaan-perusahaan besar. Profesi ini menuntut Anda untuk melakukan berbagai penelitian serta mengembangkan suatu produk. Permintaan untuk profesi ini terus meningkat tiap tahun dan diperkirakan belum akan surut. Oleh sebab itu, bagi Anda yang menyukai hal-hal berbagai penelitian maka tidak ada salahnya untuk mencoba profesi ini.

Berikut merupakan beberapa contoh pekerjaan bagi Anda yang lulusan psikologi. Meskipun selama ini prospek kerja lulusan psikologi lebih banyak ditemukan di perusahaan namun bukan tidak mungkin jika Anda juga bisa memilih pekerjaan di bidang lain seperti seni. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih kuliah di jurusan ini.

Related posts

Mengenal Lebih Dalam Psikologi Forensik

Harimurti Wijaya

Meningkatkan Kecerdasan Menurut Ilmu Psikologi

Harimurti Wijaya

Leave a Comment